Tuesday, April 28, 2015

Filled Under:

Pengertian dan Perbedaan DHCP Server, DNS Server, Web Server

Pengertian dan Perbedaan DHCP Server, DNS Server, Web Server

Pengertian DHCP


DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis (bisa juga manual) memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server.

Pada saat DHCP client dihidupkan , maka komputer tersebut melakukan request ke DHCP-Server untuk mendapatkan nomor IP. DHCP menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP. DHCP Server setelah memberikan nomor IP, maka server meminjamkan (lease) nomor IP yang ada ke DHCP-Client dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar pool. Nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Jika tidak ada lagi nomor IP yang dapat diberikan, maka client tidak dapat menginisialisasi TCP/IP, dengan sendirinya tidak dapat tersambung pada jaringan tersebut.

Setelah periode waktu tertentu, maka pemakaian DHCP Client tersebut dinyatakan selesai dan client tidak memperbaharui permintaan kembali, maka nomor IP tersebut dikembalikan kepada DHCP Server, dan server dapat memberikan nomor IP tersebut kepada Client yang membutuhkan. Lama periode ini dapat ditentukan dalam menit, jam, bulan atau selamanya. Jangka waktu disebut leased period.

Pengertian DNS


DNS adalah singkatan dari Domain Name System, DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi. Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (74.125.93.105), kita tentu lebih mudah mengingat nama domain suatu situs dibandingkan IP address-nya bukan ? nah itulah kegunaan DNS. Jadi ketika anda mengetikkan nama domain suatu situs di browser anda lalu menekan enter, browser anda akan mengecek apakah nama domain tersebut ada di cache DNS browser anda (pernah anda buka situsnya sebelumnya), jika tidak browser anda tersebut akan menghubungi name server (server tempat DNS berada) yang digunakan oleh koneksi internet anda untuk kemudian menerjemahkan nama domain situs tersebut menjadi IP address, kalau ketemu maka anda akan dibawa ke lokasi server tempat halaman situs tersebut berada. Analoginya DNS itu seperti buku telepon, kita tahu nama orangnya tapi kita tidak tahu berapa nomor teleponnya, maka kita menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon orang yang kita maksud tersebut, hanya bedanya kalau dalam DNS tidak ada nama domain (nama orang kalau di buku telepon) yang sama.

Pengertian Web Server

WEB SERVER: adalah suatu server yang memberikan service (layanan) kepada klien yang meminta informasi berkaitan dengan web. Web server sendiri terdiri dari dua komponen. yang pertama adalah komputer itu sendiri dan software web server yang dipakainya. jadi dapat diambil kesimpulan mesin(komputer) apapun bisa saja menjadi web server asalkan software web server tersedia di mesin(komputer) itu. salah satu software web server yang tersedia adalah Apache, tapi selain itu masih banyak lagi web server lainnya seperti ISS, Xitami, dll

Tambahan dari Penulis

DNS Server  = Domain Name System (DNS) adalah Distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer di rangkaian yang menggunakan TCP/IP. DNS merupakan sebuah server aplikasi service yang biasa digunakan di internet/local seperti web browser atau email yang menerjemahkan sebuah domain ke IP.

DHCP  Server =  Layanan diberikan oleh server melalui Sebuah aplikasi untuk mengalokasikan IP (otomatis/manual). Kebanyakan AP (access point) menggunakan IP otomatis menggunakan DHCP, sedangkan Switch kebanyakan menggunakan IP manual melalui Server DHCP yang mengalokasikan IP.

Web Server  = Suatu server yang memberikan service (layanan) kepada klien yang meminta informasi berkaitan tentang web. Sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau https dari klien yang dikenal sebagai web browser  dan  mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web


Perbedaan DNS Server dan Web Server

Web Server DNS
Menyimpan file gambar, username, password dll Menyimpan ip dan nama domain

Ditulis oleh

Deskripsi diri belum ditambahkan :) _______________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment

crd bsi